21 February 2017

Terlalu; Seorang Bupati Menyebarkan Foto-foto Hoax dalam Cuitannya

Rasanya melakukan hoax baik secara sengaja atau tidak, artinya terjebak Hoax menjadi hal biasa bagi sebagian orang yang mungkin terlalu bersemangat untuk menyebarkan berita hingga tiada lagi check dan crosscheck terhadap sebuah sumber berita. 

Tidak jarang, keengganan melakukan check dan croscheck ini berbuah menjadi petaka bagi sebagian orang! Padahal mereka sekedar men-share sebuah berita yang dianggapnya cukup penting diketahui publik. Tetapi bagaimana bila yang melakukan hoax adalah seorang pejabat publik? Apa sangsi akan juga diberikan? Apalagi pejabat tersebut adalah pejabat dari partai pendukung penguasa?

 
Adalah seorang Dedi Mulyadi, yang merupakan seorang Bupati Purwakarta yang dalam akun twitternya membuat ciutan tentang sebuah kawasan Wisata Air dengan nama "Kampung Air Mbah Jawer" lengkap dengan foto-foto yang terlihat indah dan menarik hati. 

Ternyata foto-foto tersebut adalah foto dari sebuah Wisata di Ross Lake Resort Amerika. 
Bukan itu saja, foto dan situasi yang terekam indah itu bahkan diakui dan di publish dalam situs resmi Pemda Purwakarta. Bahkan beberapa Media juga telah melakukan kesalahan serupa dengan membuat berita tentang wisata air Kampung Air Mbah Jawer dengan foto-foto tersebut. Lalu bagaimana seorang Bupati mempertanggungjawabkan sebuah ciutannya? Bagaimana mungkin Bupati Dedi tidak mengetahui apa yang dibangun di wilayah "kekuasaannya"? 

Adakah ini kesengajaan atau ketidak tahuan? Dan kedua pilihan itu menunjukkan sisi lemah dari seorang pejabat publik. Sayangnya, kita sering hanya menyisakan di alam bawah sadar kita bahwa pejabat seperti ini adalah orang yang "hebat" tanpa kembali menyisakan ruang untuk melihat sisi kelam dari sebuah pencitraan... 

Share this

0 Comment to "Terlalu; Seorang Bupati Menyebarkan Foto-foto Hoax dalam Cuitannya "

Post a Comment