14 October 2012

Stand Up Teknisi Bag.1

Nama gue David Usman dan gue seorang teknisi komputer.
Karena itu, gue akan bawain cerita tentang teknisi komputer. Lo mau tau apa kerjaan utama seorang teknisi komputer?

Gak... gue gak yakin lo baca ini untuk tunggu jawabannya. Tapi lo cuma mau nunggu semoga jawabannya lucu kan? Sebenernya, itu harapan gue juga...
Kerjaan teknisi komputer adalah... MEMBUAT KOMPUTER JADI BENER!
(Sori udah buat lo kecewa...)

So, kalo lo dateng atau panggil seorang teknisi komputer dan komputer lo gak beres, lo pantes untuk mencaci maki seorang teknisi!

Yang perlu lo inget, lo harus sesuaikan caci maki nya dengan seberapa besar biaya yang lo keluarin!

Pengalaman gue, dengan biaya service 50 rebu trus lo tawar 25 rebu, lo luma pantes caci maki dengan 3 HURUF! ... "HUF"

Kalo lo gak nawar, lo punya enam huruf... "HUFFFT"
(PLEASE DEH, LO UDAH CUKUP DIBERI KEBEBASAN BEREKSPRESI!!)

Teknisi juga manusia bro. Masalahnya, ada yang ahli, setengah ahli, dan yang baru belajar.
Dan seberapapun ahlinya seorang teknisi, lo cuma mau bayar 25 rebu!
Bahkan ketika teknisi yang udah pengalaman puluhan tahun bilang; 'seratus rebu'... lo akan bilang; 'disana cuma 25 rebu...'
Makanya lo cuma pantes punya 3 HURUF! Karena lo cuma mau bayar 25 REBU! Kalo mau, lo bayar 200 REBU... Jadi lo punya 24 HURUF! Puas...
(Disana 25 rebu... KENAPA LO GAK KSANA AJA...)

Nih ada cerita... Gue udah selesai service. Sambil tunggu konsumennya ambil, kebiasaan gue tuh bersih-bersihin komputer konsumen... (Pelayanan bro...). Tuh kesing gue bersihin ampe bersih.
Dan ketika konsumennya dateng, dengan enaknya dia bilang, "Komputer gue di ganti ya? Komputer gue bukan KAYA GINI!! Komputer gue di sela-selanya ada WARNA COKLAT!
(ITU KOTORAN... KOTORAN...)

Saking keselnya, gue ambil debu, gue taburin ke komputer.
Dengan santainya dia bilang, "INI BARU KOMPUTER GUE...". Sambil beranjak pergi nenteng komputer...

Eh, bos! Biayanya 50 rebu MANA???

Nih, 25 rebu aja!

"Dua puluh lima rebu? Setelah apa yang lo lakukan ke gue, lo cuma mau bayar 25 rebu!"

"Please deh, sadar bung... LO UDAH NGOTORIN KOMPUTER GUE..."

Nama gue David Usman ... Terima Kasih....


                                                                                      Bersambung...

10 October 2012

Thermal Paste sebagai Paket Pendingin Komputer

Orang mungkin banyak yang berfikir bahwa sebuah Processor maupun elemen elektronik yang mengeluarkan panas, hanya memerlukan penyerap panas. Padahal, ada beberapa bagian yang menjadi satu paket yang berfungsi mendinginkan sebuah elemen elektronik.

Beberapa elemen elektronik, mengeluarkan panas yang luar biasa. Panas yang di keluarkan oleh rangkaian elektronik ini bahkan bisa mencapai lebih dari titik didih air. Bila tidak di serap oleh sebuah "Paket" pendingin, maka bukan hanya elemen itu sendiri yang akan rusak, tetapi juga keseluruhan rangkaian elektronik yang menyebabkan tidak berfungsinya alat elekronik dan komputer kita.

Rangkaian yang biasanya mengeluarkan panas adalah Processor/Chipset, IC dan Transistor. Elemen-elemen ini membutuhkan sebuah paket pendingin yang akan mendinginkan suhu dalam elemen juga suhu secara keseluruhan. Dalam hal ini, processor adalah alat vital yang kinerjanya paling penting untuk dilindungi oleh pendingin.

Pendingin tersebut bekerja sebagai berikut:

- Menyerap Panas.

Fungsi penyerapan panas biasanya dilakukan oleh elemen logam yang memiliki konduktifitas tinggi. Tentu saja, pertimbangan biaya atau pertimbangan ekonomis menjadi faktor utama. Sebab bila mau jujur, elemen emas pasti menjadi pilihan paling tinggi sebagai penyerap panas. Tetapi karena harganya yang tinggi, maka emas bukan jadi pilihan yang ekonomis.
Tembaga menjadi pilihan bagi penyerap panas. Tetapi perhitungan ekonomis juga membuat tembaga jadi pilihan kedua. Kalaupun beredar di pasaran, harganya jauh lebih mahal dibandingkan elemen logam lain.
Yang menjadi pilihan umumnya adalah elemen logam dari aluminium. Selain harganya lebih murah, juga berfungsi baik untuk menyerap panas. Terkadang, elemen aluminium ini dikombinasikan dengan elemen tembaga.

- Membuang Panas.

Membuang panas yang sudah diserap oleh logam tadi di buang dengan cara di hirup maupun di hembus oleh kipas. Karena itu, penyerap panas biasanya dilengkapi sirip-sirip yang memudahkan angin melalui sirip-sirip tersebut, untuk kemudian membuang panas. Begitu terus menerus. Panas di serap elemen logam lalu di buang oleh kipas.

Inilah dua bagian penting yang bersinergi untuk menghilangkan panas. Karena itu, bila kipas tidak bekerja dengan baik, maka panas juga akan menjadi tinggi dan menyebabkan tidak berfungsinya processor dan elemen elektronik lain. Sebaliknya, bila elemen logam sebagai penyerap panas tidak berfungsi karena kotor dan di tutupi debu di sirip-siripnya atau tidak "terkunci" / terjepit dengan baik ke Processor atau elemen lainnya, juga akan menimbulkan masalah.

Lalu apa fungsi Thermal Paste? 

Thermal paste, atau juga sering di istilahkan dengan Thermal Grease atau Heatsink Compound adalah sebagai perekat antara processor/IC/Transistor dengan elemen penyerap panas.

Elemen penyerap panas yang berupa logam, entah karena tidak rata dengan processor atau penjepit yang miring akan menyebabkan ada celah "angin" yang membuatnya tidak merekat erat pada processor. Ruang "kosong" inilah yang memerlukan sebuah thermal paste/thermal grease atau heatsink compound.

Sering, permalahan ini menjadi sangat vital karena banyak kasus menunjukan panas yang berlebihan karena tidak digunakannya thermal paste/thermal grease/thermal compound.

Cara Menggunakan Thermal Paste. 

Sebenarnya sangat mudah sekali. Cukup oleskan thermal paste/thermal grease/heatsink compound pada processor/ic atau transistor sebelum dijepit oleh penyerap panas.

Tetapi bila penyerap panas sudah pernah di lumuri oleh thermal paste lalu mengeras, sebaiknya bersihkan dahulu bagian tersebut hingga bersih. Baik pada penyerap panas (heatsink) maupun pada processor/ic dan transistor. Bersihkan dengan "mengorek" dengan benda yang tidak tajam seperti kartu (bekas chip handphone) atau jari tangan. Bila perlu dengan menggunakan alkohol. Baru kemudian oleskan thermal paste yang sudah di siapkan.



-