11 July 2012

Kerusakan-kerusakan Akibat Power Supply

Anda menganggap semua Power Supply komputer sama? Anda salah besar. Tentu saja mutu sebuah Power Supply juga sebanding dengan harga yang anda keluarkan. Banyak kerusakan komputer yang diakibatkan oleh Power Supply. Berikut saya rangkum sebagian.

1. Matot (Mati Total)
Ini yang paling sering terjadi. Power tiba-tiba mati, dan komputer tidak bisa dinyalakan sama sekali. Tidak usah bingung, bila ada bau hangus tercium dari bagian power supply atau terkadang juga tidak. Cobalah mengganti power supply. Apalagi jika power supply yang ada di komputer anda adalah power supply "murah", maka kita bisa mengarahkan "tersangka" pada power supply.

2. Harddisk Tidak Terdeteksi
Akibat "melendung" nya elco yang terdapat di power supply atau karena penjepit power ke bagian harddisk tidak sempurna, kadang menyebabkan sebuah harddisk yang kondisinya baik-baik saja malah tidak terdeteksi. Kadang menimbulkan bunyi head yang tidak sanggup berjalan karena power yang di suplay ke harddisk kurang atau tidak ada sama sekali.

3. Processor tidak "Ngangkat"
Bila anda menggunakan PC Analyzer, maka digit di PC Analyzer akan menandakan 00 (Nol Nol) yang artinya Processor tidak bekerja. Bila demikian, biasanya teknisi langsung menghakimi processor anda rusak. Percaya atau tidak, power supply yang tidak bermerk dan berharga murah sering membuat processor tidak bekerja, akibatnya komputer tidak berjalan sama sekali meski kipas dan power bekerja.

Jadi bila ada sebagian "penyakit" yang tidak ketahuan penyebabnya, cobalah anda mengganti power supply anda dengan power supply yang bagus. Lebih baik lagi jika anda mulai dari sekarang mengganti power supply anda dengan merek yang lebih baik.

Sebagian tentang "Power Supply Penggerak Tenaga yang Vital" silakan anda baca DISINI

Anda punya masalah dengan komputer? Terima service panggilan untuk kantor dan perumahan. Hubungi saya di (021) 83843944 Untuk Jakarta dan Bekasi.

Share this

11 Comments to "Kerusakan-kerusakan Akibat Power Supply"

Post a Comment