ADS 468x60

davidusman.blogspot.com

Pages

07 November 2011

Mencari Rizki Diantara Buangan Limbah Komputer

"Hallo... Pak David Usman ya?" Suara dari ujung telepon disana.
"Ya, pak. Ada apa ya?" Saya menjawab.
"Bapak main limbah ya? Kami ada komputer-komputer scrap mau gak pak?" Balas dari ujung telepon.

Wah, ini dia yang saya cari. Scrap atau limbah atau buangan komputer! Wuihh... memang terdengar lebih garing ketimbang orang menawarkan komputer dalam kondisi bagus. Kenapa? Karena penawaran komputer dengan kondisi baik susah untuk me-reka harga. Kita tawar murah, dibilang kurang ajar. Kita tawar tinggi, kita rugi.

Bisnis komputer saat ini memang terasa lesu. Lesunya bisnis ini disebabkan oleh beberapa hal;

Pertama, menjamurnya toko-toko komputer. Baik dari yang amatir maupun distributor-distributor yang merambah hingga ke pelosok-pelosok. Saat ini, mudah bagi konsumen untuk mendapatkan komputer-komputer harga Mangga Dua lewat distributor-distributor tersebut.

Kedua, setiap distributor dan pedagang besar menyediakan paket-paket komputer murah yang siap dan sudah dirakit. Sehingga untuk memiliki komputer, konsumen tinggal memilih paket dan komputer siap dalam kondisi sudah di rakit. Beda hal dengan kondisi dulu, yang setiap orang harus tahu spek apa yang cocok untuk komputernya, lalu harus merakit sendiri. Tentu butuh seorang teknisi yang mengerti untuk hal itu.

Ketiga, persaingan harga diantara pedagang sendiri. Baik untuk komputer baru maupun komputer sekond. Tentu hal tersebut memperparah kondisi bisnis ini.

Hingga, alternatif memainkan bisnis limbah komputer adalah trik jitu untuk solusi agar bisnis ini tetap berjalan. Harga limbah, bisa di bilang lebih ketaker karena harganya tetap, malah cenderung naik dari hari ke hari. (Untuk melihat harga limbah lihat "Daftar Harga Limbah Komputer"). Untuk harga terbaru, saya lampirkan di bawah tulisan ini.

Mudahnya menjual barang buangan ini juga menjadi penarik sendiri hingga banyak orang "berebut" roti yang satu ini. Sekali diangkat, kita akan bisa menjual saat itu juga. Meski untuk yang tak "seberapa" dari per-item limbah, tetapi umumnya kita biasa mengambil dalam jumlah besar. Sehingga dengan untung yang hanya beberapa ribu dikalikan sekian banyak... wow, lumayan!

Kejutan-kejutan yang kadang kita bisa dapat, misalnya ada Motherboard yang masih dalam kondisi bagus yang bisa kita jual satuan. Atau adanya barang-barang berharga yang masih bisa kita akali atau perbaiki. Tentu kita bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Tidak aneh, dengan kondisi seperti ini semakin banyak yang berbisnis limbah/scrap komputer dan elekronik. Semoga saja, bisnis ini tidak mengalami mati suri untuk pedagang dan pengusaha kecil karena dimainkan pebisnis-pebisnis besar seperti halnya bisnis komputer... karena nyatanya, banyak yang bergantung rizkinya di sana...

David Usman

Update: Daftar Harga Limbah terbaru

1. Mainboard/Motherboard Komputer Rp. 45.000/kg atau harga satuan Rp. 20.000/buah

2. Card-card (Vga Card, LAN Card, Sound Card, Modem Internal, dll) Rp. 40.000/kg atau Rp. 1.500/buah

3. VGA Card yang mengandung CHIPSET Rp. 4.000/buah

4. Board Panel Klasifikasi A (Board CDRom, Empeg, PlayStation, Ratelindo, dll) Rp. 25.000/kg

5. Board Panel Klasifikasi B (PABX, Printer, Foto Copy, dll) Rp. 15.000/kg

6. Ram (SDRam, DDR1, DDR2) Rp. 2.000/buah atau Rp. 150.000/kg

7. Ram EDO Rp. 300/bh atau Rp. 75.000/kg

8. Board HandPhone Rp. 2000/buah atau Rp. 175.000/kg

9. Processor 486 Rp. 45.000/buah

10. Processor 486 Pro Rp. 85.000/buah

11. Processor Zirex/Giga Pro/IBM Rp. 30.000/buah

12. Processor Pentium 1 Rp. 15.000/buah

13. Processor P1 MMX (burik) Rp. 6.000/buah

14. Processor P2 Slot warna Hijau Rp. 7.000/buah

15. Processor P2 Slot warna Coklat Rp. 3.000/buah

16. Harddisk Rp. 6.000/buah

17. Power Supply Rp. 6.000/buah

18 CDRom utuh Rp. 2.500/buah

Untuk penawaran bisa HUB: (021) 83843944 atau email: dapitdong(at)gmail.com terima dalam Kota (Jakarta dan Bekasi) dan Luar Kota. Terima juga dalam kondisi borongan jumlah besar dan kecil serta eceran.

Baca juga yang ini



4 comments:

Post a Comment

Di Beli Limbah Komputer dan Elektronik

Anda Punya Barang Komputer dan Elektronik yang Rusak/Jadul/Terbakar/Terendam Banjir yang tidak terpakai? Tenang saja, disini barang tersebut masih kami hargai. Kilik link di Gambar untuk keterangan lebih lanjut...

Catatan David Usman Headline Animator

Followers