ADS 468x60

davidusman.blogspot.com

Pages

24 March 2010

Kerusakan Tombol Power dan Reset Yang Buat "Keder"

Ini adalah salah satu tulisan tentang hal kecil yang terjadi pada komputer. Kecil dan sederhana. Tapi dampaknya? Jangan ditanya! Buktinya, dari beberapa orang yang datang meminta bantuan karena kerusakan hal kecil ini ternyata cukup lumayan.

Yah, mungkin gak kepikiran oleh kita bahwa sebuah tombol dari sebuah casing komputer akan menjadi masalah besar. Dan tulisan ini sekedar sharing untuk rekan-rekan yang pernah mengalami hal ini agar tidak terlanjur keluar duit untuk memanggil teknisi... kecuali mau memanggil saya, gak apa... ikhlas kok... hehehe...

Macam-macam Kerusakan Tombol Power dan Reset

Kerusakan yang terjadi pada tombol power dan reset ada dua macam, yang pertama tombol yang mendem dan tidak bisa balik. Umumnya tombol power dan reset pada saat ini menggunakan switch model push on, yaitu tombol yang hanya ditekan lalu kembali pada posisi awalnya. Beda dengan tombol yang lama yaitu dengan metoda switch on, yaitu tombol yang tidak kembali pada posisi awalnya. Akibat kerusakan pada switchnya, maupun karena kotoran yang terdapat pada switch, sering tombol ini tidak bisa berbalik pada posisi awalnya. Inilah kerusakan pertama pada tombol power dan reset. Kerusakan kedua adalah putusnya hubungan dari switch ke kabel.

Akibat dari Kerusakan Tombol Power dan Reset

  1. Bila tombol mendem, pada tombol power mengakibatkan komputer hidup sebentar lalu mati tidak beberapa lama kemudian. Hal ini disebabkan model motherboard dan power pada motherboard saat ini memang menghidupkan dengan melakukan push pada switch. Dan untuk mematikan dengan "paksa" dengan cara menekan tombol dengan waktu yang lama (beberapa detik). Dengan kerusakan tombol yang mendem, motherboard seolah-olah dimatikan secara paksa.
  2. Bila tombol mendem pada tombol reset, maka komputer anda tidak akan hidup! Hal ini diakibatkan motherboard anda dalam posisi reset terus menerus.
  3. Bila tombol terputus hubungannya dengan motherboard, maka bila terjadi pada tombol power tentu saja akibatnya komputer tidak akan bisa dihidupkan. Pada tombol reset, bila ini terjadi hanya mengakibatkan komputer tidak bisa di reset.

Cara Memperbaiki

Kerusakan pada tombol power yang mendem, biasanya diakibatkan kotoran yang terdapat pada tombol power. Buka tombol, dan bersihkan. Bisa juga terjadi tombol ngepres, atau terlalu sempit di lubangnya yang mungkin disebabkan pemuaian. Kikis sedikit tombol tersebut, hingga agak longgar pada posisi lubang.

Pada tombol power yang putus hubungannya dengan motherboard, entah karena kerusakan kabel, maupun kerusakan switch, ganti swith atau kabelnya. Untuk menandai apakah benar ini akibat kerusakan switch/tombol, anda melakukan tes dengan langsung menghidupkan komputer dengan menghubungkan pin switch power yang terdapat pada motherboard. Bila dengan tombol komputer anda tidak dapat hidup, tetapi dengan cara ini komputer anda bisa hidup, berarti switch anda memang harus di ganti! (David Usman)

Contoh dalam gambar, hubungkan (short) power On/Off untuk mengetes apakah komputer yang mati akibat tombol yang ada di Casing atau bukan.


Demikian dari saya David Usman. Tulisan ini bisa anda download dalam versi MS Word disini.

Mau jadi Teknisi Komputer yang handal? Ikuti Pelatihan Teknisi Komputer Disini.


Ikuti Kursus Komputer Gratis Online DISINI

Ingin punya e-book "KUMPULAN TIPS KOMPUTER LANGKA DAN UNIK"? lihat disini: http://jualankomputer.arctek-vision.com/2011/04/e-book-kumpulan-tips-komputer-langka.html

Baca juga yang ini



9 comments:

Post a Comment

Di Beli Limbah Komputer dan Elektronik

Anda Punya Barang Komputer dan Elektronik yang Rusak/Jadul/Terbakar/Terendam Banjir yang tidak terpakai? Tenang saja, disini barang tersebut masih kami hargai. Kilik link di Gambar untuk keterangan lebih lanjut...

Catatan David Usman Headline Animator

Followers