ADS 468x60

davidusman.blogspot.com

Pages

07 Februari 2010

(Mungkin) Cuma Ada di Bekasi; Komputer dan Elektronik Jadi Emas

Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad, Senin (30/3)seperti dikutip dari Pikiran Rakyat pernah mengatakan; "Seperti yang pernah saya bilang bahwa sampah itu merupakan tambang emas bagi Kota Bekasi,".

Pernahkah anda terbayang bahwa perkataan Pak Walikota adalah kenyataan yang terjadi? Yaitu sampah yang menjadi tambang emas? Dan emas-nya pun bukanlah arti yang tersirat, tapi benar-benar emas!

Benar, dan itu adalah salah satu bentuk kreatifitas orang Bekasi dan mungkin cuma ada di Bekasi. Ketiadaan tambang emas bukan berarti tidak bisa memproduksi emas. Dan ternyata di Bekasi telah berdiri 'pabrik-pabrik emas' skala kecil dan menengah yang ternyata diolah dari sampah-sampah bekas komputer, handphone, vcd, dan peralatan elektronik lainnya. Tidak percaya?

Inilah jawaban dari keraguan anda!

Anda punya komputer bekas yang tak terpakai? Entah itu komputer 486, Pentium I, II maupun Pentium III. Atau monitor analog 14 atau 15 yang tak terpakai dan rusak parah? Anda tentu berfikiran untuk membuang saja komputer dan monitor jadul itu karena memenuhi ruang gudang anda dan untuk menjualnya anda juga berfikir tidak akan laku..

Eit… nanti dulu, jika anda berfikir itu tidak laku anda tentu akan cukup tercengang berapa sebuah komputer yang tidak terpakai itu laku dalam pasaran barang bekas dan untuk apa barang itu digunakan.

Sebuah CPU bekas misalnya, bisa berharga antara 50 ribu sampai 100 ribu perunit, tak peduli apakah itu 486, Pentium I, II dan III.

Sebuah monitor dihargai antara 65 ribu sampai dengan 85 ribu rupiah

Mengejutkan bukan?

Dalam sebuah CPU, bila dirinci maka akan dihitung sebagai berikut:

Harddisk dihargai Rp. 5000

Motherboard dihargai Rp. 35000 /kg. Jadi bila dengan hitungan perkilo antara 2 hingga 3 motherboard, maka sebuah motherboard adalah seharga Rp. 15000 – Rp. 20.000

Procesor 486 dihargai Rp. 45.000 dan Pentium 1 dengan bahan keras dihargai Rp. 12.000 dan Pentium 1 lurik dihargai Rp. 4000

CD Rom dihargai Rp. 2000 – Rp. 4000/buah

Power Supply dihargai Rp. 5000/buah

Casing dihargai Rp. 5.000/buah

Sebuah SDRam dihargai Rp. 1.000/keping

Printer rusak dihargai Rp. 2000/kg

Ladang Emas



Processor 486, incaran "Penambang Emas" kota

Memang, bagi sebagian orang mengumpulkan komputer rusak dan jadul yang sudah tidak terpakai merupakan ladang hidup. Bahkan “booming” perburuan komputer rusak itu merambah pada hampir semua lapak di Jakarta dan Bekasi. Sehingga sangat mudah bagi pengepul (orang yang mengumpulkan barang bekas) untuk menjual ke lapak maupun ke tukang bajong (orang yang mengumpulkan barang bekas dari pengepul tanpa lewat lapak). Syukur-syukur, bisa mendapat komputer bekas yang masih layak di jual beberapa spare partnya, malah bisa dijual di toko-toko komputer.

Disaat harga beberapa logam jatuh, pilihan untuk mengumpulkan barang bekas komputer menjadi incaran para pengepul.

Untuk apa barang-barang tersebut?

Barang-barang komputer yang berhasil dikumpulkan di keprek (dipreteli) untuk memisahkan barang-barang menurut jenisnya. Alumunium, besi, tembaga, tabung monitor, mikron, dikumpulkan menurut jenisnya masing-masing. Setelah itu ada saja “bos” masing-masing barang mengambil dengan hitungan per kilo. Ada bos besi, bos alumunium, bos tabung, dll.

Dan yang mengejutkan, ada Emas dalam IC komputer! IC ini menjadi incaran para “penambang emas” dikota untuk meleburnya menjadi emas!

Jadi, memang ada emas pada komputer bekas…


Dan inilah 'Pabrik Emas' itu!


Pada kesempatan ini saya mendapatkan foto dari sebuah pabrik kecil pengolahan emas.

Pengolahannya pun tak terbatas dari limbah komputer, tetapi bisa dari berbagai bahan yang mengandung lapisan emas; diantaranya panel-panel, board VCD, CD dan MPEG, dari arloji bekas, dan terutama ic komputer:

Bahan-bahan olahan :

Motherboard Komputer



















Board VCD, CD, MPEG




















Board Handphone




















Panel-panel




















Harga perkilo:

Board/mesin HP = Rp. 75.000/kg
Board Komputer = Rp. 35.000/kg
Board VCD = Rp. 20.000/kg
Panel-panel = Rp. 20.000/kg

Dengan alat-alat yang sederhana, bahan-bahan tersebut diolah untuk menghasilkan emas. Pengolahan tidak bisa saya dapatkan dengan jelas, hanya gambar-gambar ini yang mewakili;
























ufh... Aku Cinta Bekasi

Ikuti Kursus Komputer Gratis Online DISINI

Baca juga yang ini



44 komentar:

eshape waskita mengatakan...

Wah baru tahu nih.
Info yang sangat menarik.
Hehehe...

Aku [juga] Cinta Bekasi deh...!:-)

David Usman mengatakan...

wah kang Eko, nongol di blog ane yang sederhana ... thanks udah mampir kang ...

andri mengatakan...

bagus juga nih postingannya..lumayan kalo lagi enggak ada duit..bisa jual loakan

Anonim mengatakan...

Ini bukan penipuan kan!

David Usman mengatakan...

@anonim, insya Allah gak, utk bukti, bila bpk punya barang2 tsb saya berani ambil dgn hrg dibawah hrg diatas dikit. Dan bila bpk mau belajar, teman saya mau terima kursus...trima kasih

Anonim mengatakan...

Terus cara menjual dimana?

David Usman mengatakan...

Ke saya aja... harga cuma sedikit dari harga di atas.. (namanya juga ambil untung bos...) Saya banyak temen2 yang bergerak di bidang ini...salam

Anonim mengatakan...

Maksud saya emasnya di jual di pasaran laku gak?

David Usman mengatakan...

@Anonim, mereka berbisnis tentu ada hasil bos... walaupun emas yang mereka hasilkan bukan emas murni, tetap ditampung oleh pedagang emas...

andri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
David Usman mengatakan...

@andri, nah ini satu bukti lagi... jujur aja, banyak yang meragukan postingan saya tentang ini, padahal di kalangan komputer dan lapak hal ini sudah umum dan tidak asing.. makasih ndri

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
andri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
David Usman mengatakan...

@Andri, nah tuh ada tanggapan untuk daerah Surabaya, untuk daerah jakarta dan Bekasi ke saya aja.. telp saya (021) 83843944 untuk setiap barang bekas/rusak komputer

Anto mengatakan...

Ini emasnya di jual ke toko perhiasan emas apa laku ya?!

Dwi mengatakan...

Ini emasnya di jualke toko perhiasan emas, tokonya mau menerima tidak ya!

David Usman mengatakan...

@Anto n Dwi, laku. Terutama toko emas besar yang ngolah emas, karena emas yg di dapat bukan emas murni harus di suling kembali...

Anonim mengatakan...

saya ingin kursus mengolah sampah elektronik jadi emas boleh gak dimana saya bisa menghubungi anda P. Dvid!

David Usman mengatakan...

@Anonim, bisa pak...insya Allah. Tapi karena saya di Bekasi (Pondok Gede) bpk sepertinya hrs tinggal dekat2 Pondok Gede. Hub saya di (021) 83843944

Dwi mengatakan...

@Andry: selain menjual ebook apakah bapak juga menyediakan kursus pengolahan limbah elekttonik dijadikan emas! Kalau iya berapa biayanya!

Fajar mengatakan...

Kalau di bandung yang nerima di mana ya..?

David Usman mengatakan...

@Fajar, banyak gak? kalo banyak saya juga siap nampung...

Arfian Gaban mengatakan...

gan minta no hpnya atau sms ke no ane 081282798968 thx

aLaniC_suCkeD mengatakan...

Jadi pengen belajar nih mengolah emas......
butuh modal yang besar kah???

saya lokasi di jatibening

aLaniC_suCkeD mengatakan...

wahh jadi pengen mengolah emas nih

butuh biaya besarkah utk hal ini?
tlg informasinya

saya tggl di jatibening

David Usman mengatakan...

@alanic. ah, deket dong... modal bisa dibilang relatif.. mungkin setidaknya butuh modal sekitar 5 jt untuk tahap pertama... dan bila olahannya semakin besar, semakin besar pula modalnya...

Anonim mengatakan...

wah...wah...wah....top markotop dehhh buat pa david, semoga bekasi, pondok gede dan sekitarnya indonesia bisa besar melalui tindakan2 kecil yang yang terabaikan tapi bisa mengalihkan mata dunia...

David Usman mengatakan...

terima kasih...

Anonim mengatakan...

pak mau tanya niy... klo proceccor pentium 3 atau 4 yang soket di hargain brp....??? saya ada banyak pak... tlong tlp saya 99140545 fadil thx.

Anonim mengatakan...

maaf ya, tapi saya rasa bukan diolah jadi emas..
tapi mau di ekpor ke luar negri, ke cina atau jepang mungkin buat di daur ulang lagi..
tapi tidak apa2, pada intinya sampah kita bisa berguna lagi..
semoga sukses!!

David Usman mengatakan...

@Anonim, ini gak dirasa-rasa mas... ini adalah kenyataan. Sebagian memang di olah atau di ekspor ke cina (mungkin), tapi pengolahan emas dari IC, Mikron, elektronik dsb sudah banyak di lakukan sebagai salah satu home industri... mau lihat buktinya? silakan... saya bisa menunjukkan kpd anda dimana bisa mengolah dan mengikuti kursus pengolahan emas... thks

M. Fachri Maulana mengatakan...

asslmlkum.
pak david saya fahri seorang mahasiswa di depok..
saya tertarik untuk menngeluti bisnis limbah elektronik, bolehkah saya bergiri pada anda?
berapa modal awal untuk memulai bisnis ini sebagai seorang pengepul atau tukang bajong.
mohon balasnnya pak, trims.

CINTA TAK BERUJUNG WAKTU mengatakan...

SAYA PUNYA BANYAK CPU BEKAS..
SEKITAR 100 - 200 UNIT ADA..
SOKET VGA JUGA BANYAK..
UNTUK MAS DAVID USMAN SAYA MINTA EMAILNYA..
SAYA MAU JUAL BARANG-BARANG SAYA..
TAPI SAYA DI LUAR JABOTABEK..SAYA DI SULAWESI..
DAN SAYA MAU TANYA BOS..?? KALAU MONITOR DI AMBIL JUGA NGGAK???

David Usman mengatakan...

email saya dapitdong@gmail.com,boleh mas, asal harga masuk... monitor jg boleh, tapi harganya memang sedang turun

indonesian backpackers mengatakan...

agan-agan sekalian, mau tau pabrik ini dimana yah?

indonesian backpackers mengatakan...

Pak david Usman, saya boleh tau lokasi pabriknya d mana? terima kasih

Anonim mengatakan...

saya butuh monitor dan cpu yang bekas kalau ada hub kami..... di 085324147262

Sang Penyair mengatakan...

daerah banjarmasin saya menampung barang sejenis diatas pasti nya dibawa dari harga yang di atas tapi kusus daerah banjarmasin aja hehehe

Lukmanul Hakim mengatakan...

untuk pelatihannya brapa ya? dan lamanya ?

Lukmanul Hakim mengatakan...

untuk pelatihan brapa budgetnya? dan brapa lama?

ivan mengatakan...


Board/mesin HP = Rp. 75.000/kg
Board Komputer = Rp. 35.000/kg
Board VCD = Rp. 20.000/kg
Panel-panel = Rp. 20.000/kg harga2 ini masih updated gak?harga sekarang berapa?bisa di kirim lewat pos?

Anonim mengatakan...

untuk pelatihan brapa budgetnya? dan brapa lama?

Anonim mengatakan...

Sesuatu ya besar berasal d

Ainun Mahya mengatakan...

masih beli ic dll gan. kalo harga ic kelabang, ic halus, tr, elco n komponen lain berapa? email ke akhaeri@gmail.com ya gan. insya allah stock banyak n rutin, kalo harga masuk bisa saya jual ke agan

Poskan Komentar

Catatan David Usman Headline Animator

Followers